Berita Utama Pelayanan Publik

Anggaran Naik 70 Persen, Ini Janji Kapolri Tito

Jakarta, Sinar Surya – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena telah meningkatkan ruang fiskal anggaran Polri. Hal itu ia sampaikan pada acara tasyakuran HUT Ke-72 Bhayangkara di Istora Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

“Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih atas kebijakan Bapak Presiden RI yang telah meningkatkan ruang fiskal anggaran Polri, khususnya peningkatan tunjangan kinerja personel Polri menjadi 70 persen bersama-sama dengan TNI, mulai Juli 2018 ini,” ujar Tito dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Tito juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung kinerja Polri. Termasuk meningkatnya kepercayaan publik terhadap Polri.

Kapolri mengklaim, dalam dua tahun terakhir tingkat kepercayaan publik terhadap Polri terus mengalami peningkatan. Pada 2016, sejumlah survei menempatkan Polri pada urutan ketiga lembaga yang paling tidak dipercaya publik.

“Kini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, telah berada pada 3 besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik,” ucap Tito.

Namun, Tito menyadari masih banyak kelemahan Polri yang perlu diperbaiki lagi. Ke depan, kata dia, Polri berkomitmen untuk terus melaksanakan perbaikan agar kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan terus meningkat.

“Karena institusi Polri merupakan milik seluruh rakyat sekaligus sebagai aset bangsa Indonesia tercinta,” tutur Kapolri.

Beberapa agenda nasional yang akan menjadi fokus Polri ke depan antara lain, pemeliharaan situasi Kamtibmas pasca-pemungutan suara Pilkada 27 Juni 2018, penyelenggaraan Asian Games 2018 di empat provinsi, IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali, serta tahapan Pilpres dan Pileg 2019.

“Polri bersama seluruh komponen pemerintah dan masyarakat akan bekerja maksimal untuk menjamin stabilitas keamanan dalam negeri,” Tito menandaskan. (ant)