Berita Utama Pelayanan Publik

Camat Cimenyan Tanam 1.500 Bibit Pohon di Seluruh RW Daerah Rawan Longsor

Kab. Bandung, Sinarsuryanews.comSebagai upaya mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri, Ahmad Rizki Nugraha, S.Ip, Camat Cimenyan, menambahkan program Bupati, bagikan 1.500 bibit tanaman pohon di seluruh RW daerah rawan longsor, di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Kecamatan Cimenyan, berkomitmen untuk mensukseskan program penghijauan yang saat ini digalakkan Pemerintah. Penanaman pohon tersebut sebagai langkah mengurangi dampak pemanasan global serta dalam rangka penghijauan lingkungan. Dengan demikian, Kecamatan Cimenyan diharapkan lebih sejuk, rindang dan hijau.

Camat Cimenyan Ahmad Rizki Nugraha, S.Ip, mengatakan kepada media, kegiatan penghijauan sebagai wujud keseriusan pemerintah Kecamatan Cimenyan dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan, sehingga mengenal tumbuhan dan cinta tanaman.

Menurutnya, Kecamatan Cimenyan sebagai inspirasi hijau, puncak jambore lingkungan hidup dalam peringatan hari lingkungan hidup dan hari menanam pohon indonesia tingkat kabupaten, Penghijauan sebagai bentuk kepedulian dengan lingkungan adanya sinergitas dan soliditas masyarakat untuk turut melestarikan lingkungan.

Ditambahkan Ahmad Rizki Nugraha, yang sudah bertahun-tahun terlibat dalam kegiatan penghijauan di Kecamatan Cimenyan, kepedulian dan akses langsung warga dalam merawat tanaman akan membuat tanaman-tanaman penghijaun bisa bertahan lama, penghijauan itu terbatas.

“Jadi masyarakat harus terlibat. Partisipasi masyarakat ini bahkan kuncinya dalam kegiatan penghijauan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu upaya untuk menarik kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan penghijauan adalah dengan memperhatikan azas manfaat pada tanaman penghijauan. Yang dimaksud dengan azas manfaat ini adalah dengan memilih tanaman-tanaman yang berpotensi menghasilkan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat. Misalnya tanaman Pohon Nangka dan Alpuket, ini selain bisa berpotensi menghasilkan buah bisa dijual sehingga menambah pendapatan masyarakat.

Hal itu, Secara khusus mengapresiasi partisipasi masyarakat, terutama kelompok-kelompok tani, berhasil mengembangkan bibit-bibit tanaman berkualitas. Mereka juga telah berhasil menghijaukan sebuah kawasan konservasi air dan penyangga Kota Bandung di hutan perbukitan di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Kelompok-kelompok tani ini selanjutnya diharapkan bisa selalu aktif dalam merawat tanaman penghijuan.

Menurutnya, menanam pohon sangat penting perannya, terutama untuk suplai oksigen. Karena satu pohon memberikan oksigen sekitar 1,5 kg untuk lingkungan, merupakan salah satu yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan. Tapi meskipun pegunungan merupakan wilayah yang mempunyai kekayaan alam obyek wisata yang pantas dibanggakan.

Harapannya, masyarakat juga ikut berpartisipasi dengan merawat bibit pohon yang sudah ditanam ini agar tumbuh subur, sehingga diharapkan keasrian lingkungan tetap terjaga,” harap Ahmad Rizki Nugraha. (Tarunah)