Berita Utama Pendidikan

“Generasi Milenial Anti Hoax” Diskominfosan Kab. Sukabumi Harap Pelajar Kritis Terhadap Informasi

Kab. Sukabumi, Sinarsuryanews.com – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab. Sukabumi melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik kembali selenggarakan “Bijak Bermedos” bagian dari Gerakan Sapu Bersih (SABER) Hoax, di SMAN I Cikembar Sukabumi, Kamis (25/4). Acara yang diikuti oleh 200 orang siswa siswi ini mengusung tema ” Generasi Milenial Anti Hoax” dengan narasumber dari unsur Kepolisian, Diskominfosan dan SABER Hoax Jabar.

Dalam acara yang menggunakan taggar ” satu data satu informasi menuju Kab. Sukabumi lebih Baik” tersebut dikupas tuntas tentang UU ITE, Bahaya Hoax dan Ujaran Kebencian (Hate Speech) serta pentingnya pelajar menjadi aktor informasi yang bervisi pada kemanusiaan, kemandirian, edukasi dan kebhinekaan.

Para peserta sangat antusias, selain materi narasumber sangat menarik karena disajikan dengan gaya milenial, juga ada doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

“Sangat menarik, bermanfaat juga menambah wawasan, selain itu kami juga bebas menyampaikan pendapat, kalau bisa acara ini diadakan sebulan sekali” kata Dede Salpa pelajar II IPA 2 usai acara.

Acara disiarkan secara live oleh RCL Radio melalui aplikasi Spoon, mulai dari opening ceremony sampai terkakhir, penandatanganan Deklarasi SABER HOAX juga dipublikasikan melalui kanal informasi yang dikelola Diskominfosan yaitu; http/sukabumikab.go.id, halaman Perintah Kabupaten Sukabumi (FB), twitter serta dibroadcase ke 120 Media lokal dan Nasional.

Para peserta dibimbing untuk mengenali berita hoax, diantaranya yang mengandung penyimpangan informasi, dramatisasi fakta, to good to be true (muluk muluk), pembunuhan karakter, sebagai berita yang tidak harus disebarkan kembali.

Disepakati bahwa literasi secara signifikan bisa meminimalisir aksi aksi penyebaran berita tidak benar di media sosial, litarasi melingkupi pengamatan, pemahaman mendalam, menganalisis dan menggunakan informasi serta mentranspormasikan kembali, jadi literasi adalah sikap bijak dan kritis terhadap informasi lebih dari sekedar membaca dan menulis.

Kepala Sekolah SMAN I Cikembar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat berkontribusi terhadap pembentukan karakter pelajar, juga mendukung implementasi visi sekolah yaitu “mewujudkan Sekolah Mandir, Cerdas dan religius” yang relevan dengan visi mewujudkan Kabupaten Sukabumi Religius dan Mandiri.

Ayoo, Generasi Milenial manfaatkan waktumu untuk belajar, mengasah kompetensi, menghindari dan tidak menyebarkan kembali hoax, untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Selain menjadi aktor pelajar yang kritis dan melek informasi, para peserta dharapkan mampu menghasilkan tulisan tulisan yang bermanfaat sebagai karya jurnalistik yang edukatif (My_Kuncir|Kowasi)