Berita Utama Kabar Daerah

Indikasi Korupsi Irigasi Wariori Papua Barat, LSM Kerista Akan Unjuk Rasa Mendorong Menteri Basuki Kejar Kasatker

Jakarta, Sinar SuryaIndikasi korupsi yang terjadi pada pekerjaan proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Wariori di Kab. Manokwari Papua Barat, rupanya mulai tercium oleh sejumlah pihak khususnya pada Paket Pekerjaan Rehabilitasi Jar. Irigasi D.I. Wariori Paket I (Jar. Majemus dan Koyani) di Kab. Manokwari SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Papua Provinsi Papua Barat senilai Rp 68.069.919.355,69-. Salah satunya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berupaya mengungkap dugaan korupsi tersebut adalah LSM KERISTA.

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Kinerja Rakyat Independen Sikapi Pemerintah (LSM KERISTA) Ricky Andito Simbolon, di Kantornya Jalan Raya Kopo No. 17 Kota Bandung Senin (22/7/19), kepada Sinar Surya mengungkapkan bahwa Indikasi Korupsi yang terjadi di Papua Barat tersebut sudah dalam pengawasan pihaknya.

Dikatakannya, bahwa Tim LSM KERISTA sudah mencoba untuk mengamati Pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Wariori Paket I (Jar. Majemus dan Koyani) di Kab. Manokwari.

Dijelaskannya bahwa proyek ini patut diduga terencana sejak awal untuk dijadikan ajang korupsi.

“Kami menemukan adanya indikasi upaya bersama para pihak untuk melakukan pengurangan kualitas dan volume  dari pekerjaan ini,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada urgensi di lokasi pekerjaan untuk tidak melakukan beberapa item pekerjaan seperti yang ditemukan oleh Timnya.

Lebih lanjut Ricky menjelaskan, bahwa untuk menyikapi dugaan korupsi tersebut pihaknya telah melakukan upaya untuk melaporkan permasalahan ini kepada Menteri PUPR melalui Inspektorat sembari menunjukkan Surat Laporan Pengaduan LSM KERISTA.

Tak Cukup sampai disitu, internal pihaknya Juga telah bersepakat untuk melakukan Aksi Unjuk Rasa di Kementerian PUPR pada hari Rabu tanggal 14 Agustus 2019 guna menyuarakan oknum yang terlibat dalam proses pekerjaan ini dan menuntut Komitmen Jajaran Kementerian PUPR Khususnya Inspektorat melakukan Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Kita minta Pak Menteri Basuki mengejar Ir. Panal Simanjuntak,M.T (Satker PJPA BWS Papua Barat) Seperti Pidato Pak Jokowi tempo hari,” pungkasnya. *(WN)