Berita Utama Kabar Daerah

Jama’ah Al Khidmah Petarukan Adakan Halal Bihalal

Pemalang, sinarsuryanews.com – Jama’ah Al Khidmah Cabang Petarukan menyelenggarakan Halal Bihalal, Haflah Dzikir, Maulid Rasul SAW dan Manaqib Qubro. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 23 Juni 2019 yang berlokasi di Jln. Mutiara Desa Pegundan Kec. Petarukan Pemalang tepatnya di Halaman Rumah Bapak Kyai Amir. Prosesi Halal Bihalal ini berlangsung dengan khidmat.

Kyai Amir selaku ketua panitia memberikan sambutan kepada jama’ah yang berasal dari beberapa majelis taklim binaannya. “Halal Bihalal yang diselenggarakan secara rutin dan istiqomah setiap tahunnya diharapkan dapat memperkuat jalinan silaturahmi, syiar Islam dan ukuwah Islamiyah di kalangan umat,” ujarnya.

Hikmah Halal Bihalal disampaikan oleh penceramah atau mubaligh muda KH Habib Ridho dari Pemalang.

KH Habib Ridho dalam tausiyahnya mengatakan, jika ingin berumur panjang jaga silaturahmi, jika ingin dimudahkan rezekinya jaga silaturahmi, karena itulah hikmah yang terkandung dalam Halal Bihalal.

Menurutnya, tradisi Halal Bihalal harus terus dijaga dan dilestarikan meski tradisi itu hanya ada di Indonesia dan tidak ada di negara lain di dunia ini termasuk di tanah Arab. Habib Ridho juga menyampaikan, orang yang diridhai Allah memiliki tanda diantaranya. Pertama, mahabatunnas “orang yang disenangi banyak orang”. Kedua, orang yang mendapatkan ujian yaitu ujian untuk mengangkat derajat. Ketiga, orang yang mudah menerima nasehat dan keempat, orang yang meninggal dalam keadaan khusnul khatimah. *** (Elisa Nurasri)