Berita Utama Hukum

Kapolsek Cisompet Ringkus Polisi Gadungan Berpangkat Brigjen

Garut, sinarsuryanews.com – Kapolsek Cisompet Polres Garut, AKP Darto Mulyono, Jumat (20/9), berhasil meringkus Soebagio polisi gadungan berpangkat bintang satu Brigadir Jendral Polisi (Brigjenpol). Soebagio warga kelahiran Jember 19 Februari 1958 melancarkan aksinya bersama sopir pribadinya dengan menggunakan mobil rental Avanza warna silver bernopol F 1743 TS.

Bermula dari adanya informasi yang diterima AKP Darto Mulyono, bahwa ada oknum berseragam polisi lengkap berpangkat Brigjen dari kesatuan Mabes Polri yang mencurigakan dan berkeliaran di wilayah hukum Polres Garut.

Menurut informasi tersebut, pada Jumat (20/9) sekira pukul 16.00 WIB mobil yang dikendarai Soebagio tengah melintas di jalur Pameumpeuk-Cikajang Kabupaten Garut. Dengan segala keberanian tanpa menghiraukan keselamatan dirinya, AKP Darto Mulyono dibantu anggotanya mengejar polisi gadungan itu melaju dengan kecepatan tinggi dan sempat terjadi aksi kejar-kejaran di Jalan Raya Cisompet-Cikajang Garut.

Tepatnya di desa Neglasari, akhirnya polisi gadungan itu dapat dilumpuhkan meski sempat terjadi aksi perlawanan. Tersangka digelandang ke Mapolsek Cisompet untuk diproses lebih lanjut.

Kapolsek Cisompet AKP Darto Mulyono saat dikonfirmasi di kantornya menyatakan bahwa sebelumnya ia sudah mencurigai adanya kejanggalan dari oknum Jendral Polisi yang berseragam lengkap. Setelah dilakukan pemeriksaan, Soebagio tidak dapat menunjukan legalitasnya sebagai anggota polisi.

“Dari tangan tersangka berhasil diamankan 2 buah dompet, uang tunai senilai Rp700.000,- dan beberapa lembar uang asing, 3 buah HP android, beberapa lembar foto berseragam polisi, tersangka buku tabungan BCA,” ujarnya. *(Nas/Muh/Rif)