Kejari dan Pemkab Tasikmalaya Tandatangani Nota Kesepakatan PTUN

Kab. Tasikmalaya, Sinar Surya – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya melakukan penandatanganan nota kesepakatan di bidang perdata dan tata usaha negara (TUN), di offroom Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin (3/9/2018). Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, Laswan Muchtar, SH mengatakan, nota kesepakatan ini merupakan salah satu strategi penting dalam menjawab perkembangan persoalan yang berkaitan dengan masaalah hukum perdata.

Nota kesepakatan meliputi penegakan hukum, bantuan dan pertimbangan hukum lainnya. Khusus bidang perdata. Dengan adanya kesepakatan ini pula kata dia, pihaknya dapat mewakili Pemkab Tasikmalaya dalam hubungan keperdataan dan tata usaha negara ketika ada pihak yang menggugat baik secara ligitasi atau non ligitasi.

“Kami akan memberikan informasi secara menyeluruh sebagaimana proses dan kerjasama untuk mengidentifkasi peramasalahan. Kemudian dilakukan penyelesaian baik melalui jalur pengadilan maupun di luar pengadilan atau dikenal dengan sebagai penyelesaian sengketa alternatif non ligitasi,” paparnya.

Laswan menambahkan, pihaknya melalui Kasi Datun segera melakukan sosialisasi ke seluruh tataran dinas SKPD di lingkungan Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pemeritahan yang bersih dan hebat merupakan target utama yang akan terus digapai. Dan nota kesepakatan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai target sekaligus harapan tersebut.

“Di samping sebagai tindaklanjut rekomendasi BPK RI Jawa Barat, penandatanganan nota itu tidak lain sebagai cara kami mewujudkan pemerintahan yang bersih dan hebat (clean and giid governance/CGG),” papar Uu seusai penandatanganan nota kesepakatan.

Uu menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berada di ranking ke-3 di Jawa Barat, bidang kecepatan dan ketepatan dalam melaksanakan rekomendasi BPK tiap tahunnya.

“Kami yakin dengan kesepakatan ini Pemkab Tasikmalaya akan lebih baik bersih dan terarah. Karena nanti akan ditunjang dengan adanya koordinasi antara Kejasaan dengan Pemkab Tasikmalaya,” ucapnya.

Uu mengatakan, sebuah tujuan bisa sukses dengan adanya gabungan beberapa elemen yang melangkah bersama sama dengan tujuan yang sama.

“Nantinya kita akan banyak melalukan koordinasi, komunikasi dan tukar keilmuan dalam menjalankan roda pemerintahan di Pemkab Tasikmalaya ini. Pemerintah ini ke depan niscaya lebih bersih dan hebat,” tuturnya. (Asep Darman)