Kembali Penghijauan Part 2 Bersama Kapolsek Surade

Berita Utama1667 Dilihat

Sukabumi, Surade (Sinarsuryanews.com) – Penanaman pohon (Penghijauan Part-2) bersama kapolsek Surade, jenis pohon kelapa dalam rangka mendukung penghijauan yang dipimpin oleh AKP Norbertus Santoso Kapolsek Surade Polres Sukabumi, beserta jajarannya,Kepala desa Sukatani, Duduluran Offak, KTC, PP Surade di Pantai Cicaladi Karang Bolong Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Februari 2020 mulai pukul 08.15 WIB bertempat di Pantai Cicaladi Karang Bolong Desa Sukatani Kecamatan Surade Kab. Sukabumi. Kegiatan tersebut Berlangsung kegiatan penanaman pohon jenis kelapa sebanyak 150 pohon jenis kelapa dalam rangka mendukung penghijauan yang dipimpin Kapolsek Surade lembaga dan community terdiri dari ratusan peserta. Hadir pelaksanaan kegiatan tersebut, Unsur Muspika, Kec Surade, Kades Sukatani, Anggota babinsa desa sukatani Koramil 2214/Surade, Anggota KPLHI, YFSBBP, PP, OFFAK, KTC, Duduluran, Jampe, MGP Pajampangan.

“Kesempatan ini kita berkumpul dalam rangka penanaman pohon kelapa sebagai kegiatan untuk mendukung penghijauan. Saya pribadi dan atas mana Polsek Surade mengucapkan banyak terimakasih kepada peserta yg saat ini telah hadir untuk sama – sama melaksanakan kegiatan, semoga Allah SWT memberikan kebarokahan kepada kita semua,” ujarnya.

Kepala Desa Sukatani, H.Ijrop Pranoto kepada wartawan mengatakan, pemanfaatannya kedepan untuk melengkapi wisata, tujuan penanaman ini ada kolaborasi dengan pemdes dalam memenuhi penghijauan di lingkiungan di kawasan wisata, bukan hanya penghijauan kami, sudah melakukan penataan seperti mempersiapkan Gajebo, Musola, MCK, Sumur bor, dan akses jalan menuju Kawasan Cicaladi masih penataan dan ada kekurangan sekitar 300 meter lagi.

“Selain itu akan melakukan pemeliharaan dan merawatnya bersama lembaga desa karang taruna dan warga agar semuanya merasa tanggungjawab dan menikmati, potensi menjadi hijau dan asri di kawasan wisata agar lebih nyaman, aman, hijau dan asri di sekitar lingkungan dan kami kepada pemerintah daerah agar diperhatikan alat bantu Realling (Alat bantu pengaman di areal wisata) keselamatan pengunjung untuk zona bahaya dan papan petunjuk seperti rambu-rambu menuju kawasan desa sukatani,” paparnya.

Kapolsek Surade AKP Norbertus santoso, mengajak anggotanya melakukan penanaman pohon dalam rangka penghijauan di areal wisata Cicaladi Karang Bolong. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program penghijauan di seluruh wilayah diantara, Mako Asrama Polri, Ciladi Karang Bolong. Kegiatan tanam pohon berlangsung di belakang Halaman Halaman  sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan. Juga minta dipelihara oleh semua pihak.

Selain itu kapolsek mengatakan, kegiatan penghijauan ini adalah bentuk kepedulian Polri dalam hal untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan sebagai upaya untuk meningkatkan jiwa peduli lingkungan dengan menanam pohon.

“Jenis pohon yang di tanam hari ini sejumlah pohon buah yang di tanam diantaranya jenis pohon durian, pohon kelapa. Dengan harapan untuk menghijaukan di lingkungan”Ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penghijauan,” kata AKP Norbertus santoso.

Dalam penghijauan tersebut, mengerahkah para Babinkamtibmas dan mengajak seluruh lembaga kepemudaan dan community yang ada di wilayah hukum polsek Surade dan sekaligus mengerakan para warga dengan program penghijauan di tempat masing-masing.

“Alhamdulillah kami juga sebelumnya telah melakukan penanaman pohon-pohon yang ditanam seperti durian, lengkeng, rambutan, mangga, Nangka, jati, selain untuk penghijauan, buah dari pohon tersebut juga nantinya bisa dikonsumsi mau pun dijual,” pungkasnya.

Kegiatan ini atas dasar UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta Program kerja Kapolri tentang penanaman pohon guna mendukung penghijauan. Semoga apa yg kita kerjakan hari ini akan bermanfaat bagi kita semua, semoga apa yang kita tanam hari ini dapat kita manfaatkan hasilnya dikemudian hari. Pukul 09.00 WIB kegiatan selesai, selama berlangsung situasi aman dan lancar. *(My@Kuncir)