Liburan ke Pantai Selatan Jabar, Jangan Berenang di Zona Merah

Berita Utama, Wisata609 Dilihat

Bandung, Sinar Surya – Personel Basarnas Kantor SAR Bandung diterjunkan mengawal sejumlah pantai di bagian selatan Jabar bertepatan libur Lebaran 2018. Pengunjung atau wisatawan agar mematuhi aturan serta arahan petugas pantai.

Kepala SAR Bandung S Riyadi mengatakan personel disiagakan sebanyak 95 orang. Mereka menyebar di beberapa tempat rekreasi pantai bagian selatan Jabar.

Fokus pengamanan water rescue antara lain di Cirebon dengan menggunakan kapal boat untuk membantu amankan transportasi perairan Pantura, Pantai Cipatujah Tasikmalaya (siagakan posko), dan Pantai Santolo Garut (posko), Pantai Pangandaran (posko). Lalu tempat wisata waduk Jatigede Sumedang dan Jatiluhur Purwakarta.

“Bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai untuk mematuhi peraturan. Pengunjung atau wisatawan agar tidak berenang di zona merah,” kata Riyadi via pesan singkat, Minggu (17/6/2018).

Menurut Riyadi, pantai selatan Jabar menjadi perhatian ekstra pihaknya. Sebab berdasarkan pengalaman liburan Lebaran tahun sebelumnya, sambung dia, ada saja pengunjung berenang di zona merah yang berujung maut.

“Daerah pantai selatan memiliki gelombang yang besar dan terdapat beberapa palungan di pantainya,” kata Riyadi.

Dia mengimbau kepada warga yang hendak berlibur ke pantai agar mematuhi arahan yang disampaikan petugas. “Anak kecil harap di pantau orang tuanya. Bagi yang berenang jangan melewati batas yang sudah ditentukan dan sebisa mungkin gunakan alat pelindung diri atau pelampung,” kata Riyadi. (dt)