Berita Utama Pendidikan

Pemuda Kristen di Purbalingga Bantu Amankan Salat Id

Purbalingga, Sinar Surya – Pemuda dari Komisi Pemuda Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pengalusan, Purbalingga ikut mengamankan jalannya salat Id. Pengamanan dilakukan di tiga Masjid di Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

Sekitar 2.500 umat Islam melaksanakan Salat Id di tiga masjid yakni Masjid Al Hikmah, Masjid Faturrohman, dan Masjid Nurul Huda. Pengamanan pun berjalan lancar hingga Salat Id berakhir.

“Tadinya ada Banser juga yang ikut mengamankan. Namun dari para Banser juga hendak menunaikan Salat Id, akhirnya untuk pengamaman diambi alih semua oleh para pemuda dari GKJ Pengalusan. Puji Tuhan, semuanya berjalan aman dan lancar,” kata Pendeta HKJ Pengalusan, Bagus Cahyono dalam rilis yang diterima wartawan, Jumat (15/6/2018).

Menurut dia, pengamaman dilakukan di tiga masjid tersebut berada dipinggir jalan yang rawan kecelakaan serta berada di tanjakan dengan tikungan tajam.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lagi, maka pengamanan di dekat Masjid kami perketat,” ujarnya.

Selain melakukan pengamanan salat ed, pemuda GKJ Pengalusan juga diperbantukan di Posko lebaran di Desa Serang.

“Mereka dibagi piket, bergiliran. Selama ini, kami selalu hidup rukun dengan semua warga di sini, berdampingan, saling hormat menghormati, dan menjaga toleransi,” pungkas Bagus Cahyono. (dt)