Berita Utama Pelayanan Publik

Proyek Jalan Dana Desa Tak Sesuai Bestek

Cirebon, sinarsuryanews.com – Beberapa proyek yang didanai oleh pemerintah melalui dana desa  diduga tidak sesuai dengan bestek. Salah satunya pembangunan jalan  di desa Babakan Losari Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon  untuk tahun anggaran 2019 diduga diborongkan kepada pihak rekanan.

Alhasil pekerjaan tersebut tak sesuai dengan RAB/bestek. Material yang digunakan adalah limbah bekas kerukan jalan tol (Scraiping). Yang seharusnya menggunakan batu pecah yang sesuai dengan kebutuhan yang tertuang dalam RAB.

Menurut masyarakat yang peduli terhadap pembangunan, salah satunya aktivis dari Aliansi Masyarakat Pemantau Pejabat Publik (AMP3) yang chek langsung ke lapangan Heri  mengatakan ada dugaan, semua titik bangunan tidak ada yang sesuai dengan bestek dan prosedur yang benar. Jadi masyarakat Desa Babakanlosari yang rugi karena hasihnya tidak akan bertahan lama.

Heri berharap kepada pemerintah desa mohon untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar sesuai aturan yang ada, karena proyek Dana desa tersebut bukan  untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok tertentu, tetapi untuk kesejahteraan masyarakat.

Heri pun menambahkan, dirinya akan terus memantau dan mengawasi proyek-proyek yang didanai oleh pemerintah dan kalau ditemukan terdapat penyimpangan  dirinya takan segan segan untuk melaporkannya ke pihak yang berwenang.

“Karena ini anggaran berasal dari uang rakyat maka rakyatlah yang berhak merasakan manfaatnya,” pungkas Heri. Sementara ketika awak media ini ingin konfirmasi dengan kepala desa namun sulit untuk ditemui. (Tj-red)