Berita Utama Ekonomi & Bisnis

Puluhan Pedagang Pasar Surade Datangi Kantor Pasar

Diskoprindag Agar Transparan Soal Harga Sewa LOS dan Fasilitas Bangunan Kementrian

Sukabumi, Sinarsuryanews.com – Baru-baru ini, para pedagang Pasar Surade, berbondong-bondong mendatangi kantor Pasar Surade, guna mempertanyakan harga los dan kios. Puluhan massa warga pedagang kurang lebih 80 orang, Sabtu (27/4/2019).

Pada dasarnya mereka meminta penjelasan pihak Dinas Pasar Kabupaten Sukabumi, agar transparan terkait harga sewa los dan kios yang baru saja selesai dibangun melalui pihak ke-3 oleh salah PT.

Sementara menurut informasi yang dihimpun wartawan sinarsuryanews.com pembangunan pasar semi modern Surade tersebut dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN 2018) yang dibangun diatas tanah milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Pertemuan tersebut di dalam ruangan berjalan alot sangat dramatis karena pihak pelaksana hanya menampung berbagai keluhan dan masukan dari para pedagang Pasar Surade bertempat di kantor Pasar Surade Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

Hadir diantaranya kepala pasar, beserta beberapa staf, anggota Babinmas Sektor Surade, massa warga pasar pedagang sayuran, pedagang pakaian dan pedagang daging di kantor Pasar Surade.

Seperti halnya yang disampaikan H. Ajat pedagang sayur, sebelum datangi kantor Pasar Surade ada beberapa orang yang bertanya langsung kepada pedagang, ngakunya dari pihak Kementerian Koperasi dan Perdagangan, terkait harga sewa los dan kondisi bangunan.

Anah dan Solihin sama-sama pedagang sayur, membenarkan harga los terlalu mahal dan ukuran terlalu kecil.

Bebeda dengan Gunawan, ia merasa sudah lama dagang di pasar Surade untuk hal ini meminta kepada pihak dinas pasar, agar segera dikomunikasikan segala keluahannya, mana pedagang lama dan mana pedagang baru, agar lebih diprioritaskan terutama didalam gedung pasar untuk diarahkan menjadi 1 blok sayuran dan blok pakaian.

Surya pedagang sayuran, kaitan dengan harga sewa Rp.300.000,-/tahun kenyataan nya dengan ukuran 1,5m x2m sewa harga Rp. 1.500.000,-/Tahun. Senada Ibrohim pedagang sayuran kaitan dengan harga sewa LOS itu Rp. 1.500.000,- kemarin sewaktu ada tamu dari pihak kementerian katanya hanya adm, entah siapa, cuma hanya Rp. 300.000, di Pasar Surade.

Beberapa pertanyaan warga pasar, langsung ditanggapi pihak kepala pengelola pasar Surade guna mengklarifikasi adanya dugaan yang terjadi memberikan informasi yang datangnya dari pihak luar, konon mengaku dari Irjen Kementrian.

Menurut Upen selaku pengelola pasar Surade, mengucapkan terimakasih kepada semua para pedagang pasar Surade yang menyampaikan beberapa aspirasi dan segala keluhannya akan kami sampaikan kepada pimpinan saya pak kabid. Adapun hasilnya akan segera disampaikan kembali sebelum Bulan Ramadhan.

“Terkait tuntutan diatas menurut dia termasuk harga sewa los dll. Akan segera dikomunikasikan secepatnya dengan pihak Dinas Pasar Kabupaten Sukabumi,” tegasnya. (My_Kuncir|Kowasi)