Berita Utama Kesehatan

Sampah Medis RSUD Ciamis Menumpuk

Akibat Gagal MoU dengan Pihak Ketiga

Kab Ciamis, Sinar Surya – Disetiap lembaga layanan kesehatan masyarakat, sarana prasarana atau fasilitas, semestinya harus sudah sesuai dengan kebutuhan, apalagi  nama RSUD Kabupaten Ciamis propinsi Jawa Barat adalah induk dari pada lembaga-lembaga layanan kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di Kabupaten Ciamis  juga di dalam pengelolaan serta pelayanan harus sudah bisa disebut layak dan maksimal.

Informasi masyarakat yang dihimpun tim investigasi media RSI 22/05/18 realita di lapangan tidak sesuai dan tidak maksimal mengenai pengelolaan sampah atau limbah B3, pasalnya Rumah Sakit adalah penghasil limbah intens serta berbahaya bagi yang kena dampaknya karena limbah medis mengandung infeksius juga bisa mencemari lingkungan, kalau saja penyimpanan atau pembuangannya asal-asalan, seperti contoh yang ada di RSUD Ciamis.

Pembuangan ipal atau limbah medis itu tepat berada di depan muka RSUD serta dekat dengan ruang publik dan fasilitas umum jelas bisa saja menjadi dampak bahaya kepada baik pengunjung maupun warga masyarakat sekitar.

Ajis, S.Kep, selaku Kabag TU menerangkan bahwa mengenai terjadi menumpuknya sampah medis ini yakni telatnya pengakutan, karena gagalnya MoU dengan pihak ketiga dan pertama bikin MoU dengan pihak perusahaan Medifeast tidak jadi,..!! karena kasus.., juga yang kedua kami coba dengan perusahaan gema, tapi sama tidak jadi, karena perijinannya pun tidak keluar, katanya.

Ajis menambahkan bahwa didalam permasalahan ini dari pihak kami RSUD tidak bersalah justru kami merasa dirugikan oleh pihak ketiga, seolah jadi bentuk kelalaian dari pihak kami. (Heri Heryanto)