Berita Utama Ekonomi & Bisnis

Samsat Kabupaten Bekasi Cikarang Memberi Pelayanan Prima

Cikarang, sinarsuryanews.com – Terdapat perubahan yang cukup signifikan di kantor Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang), kondisi bangunan Samsat lebih beda dibanding tahun sebelumnya. Kini lebih bagus dengan fasilitas gedung utama yang lumayan tertata dan terlihat lebih asri, ditambah posisi loket-loket dan area menunggu didalam gedung utama dan di loket pendaftaran cek fisik kendaraan dan gesek nomor mesin tersedia sehingga membuat lebih nyaman, dan yang paling penting adalah sudah tidak ada lagi calo.

Kondisi Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang) yang beralamat di Jalan Industri Pasir Gombong No.14, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat, sudah makin nyaman dan juga prosesnya sudah makin cepat. Pelayanan makin baik gedung utama dan area tunggu sangat tertata, bersih dan memberi nyaman.

Ketika wartawan sinar surya melakukan wawancara dengan kepala Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang) AKP Bait Ferdinand Nesimnahan, SH tentang pelayanan di kantor samsat kedepan beliau mengatakan mohon doa  dan kerja samanya  supaya kami bisa melayani dengan baik, lebih cepat dan lebih prima lagi.

“Kantor Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang) ini melayani jumlah masyarakat yang mengurus pajak kendaraan makin meningkat setiap harinya, kalau tidak diimbangi dengan pelayanan yang makin baik nanti banyak yang kecewa,” pungkasnya.

Untuk melayani masyarakat kita juga punya yang namanya samsat keliling yang melayani setiap hari Senin sampai dengan Sabtu yang jam pelayanan mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 12 siang. Namun ada beberapa wilayah yang ditentukan yaitu di Pasar Bersih Jababeka, Ruko Robson Lippo, KUD Sukatani, kantor Pemkab Deltamas dan Stadion Wibawa Mukti.

Menurut penjelasan salah seorang yang diwawancara, ketika telah selesai mengurus pajak kendaran pribadinya, sambil duduk istirahat di area menunggu kantor samsat mengatakan puas karena pelayanan lebih cepat bang, dibanding tahun sebelumnya.

Setelah itu dia menjelaskan sedikit ada beberapa proses yang dia lalui dalam mengurus pajak kendaraan sekaligus ganti plat nomor perpanjang 5 tahun sekali. Proses ganti plat nomor (perpanjang 5 tahun sekali), pertama harus cek fisik kendaraan/gesek nomor mesin & rangka, cek kelengkapan dokumen dan isi formulir, antri untuk dipanggil loket perpanjangan STNK, membayar pajak dan administrasi di loket pembayaran, antri diruang penyerahan STNK, lalu proses terakhir menuju tempat pencetakan plat nomor kendaraan. Dia mengatakan puas dengan pelayanan cepat karena setiap proses menunggu tidak terlalu lama hanya kurang lebih 30 menit disetiap loket mulai dari awal sampai dengan proses terakhir pencetakan plat nomor kendaraan. 

Semoga pelayanan kantor Samsat kabupaten Bekasi terus membaik, proses cepat dan waktu menunggunya pun lebih pendek. maju terus pelayanan publik di semua instansi kabupaten Bekasi begitu juga di Samsat Kabupaten Bekasi. “Kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit,” ini harapan bagi semua masyarakat. (Tim/Nas)