Berita Utama Pendidikan

SMKN 1 Talaga Siap Ciptakan Lulusan Berkualitas & Siap Kerja

Majalengka, Sinar Surya – SMKN 1 Talaga satu satunya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di wilayah selatan Majalengka yang unggul dan banyak menorehkan prestasi baik di akademis maupun non akademisi dengan kuantitas siswa/i dari tahun ketahun yang selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan tentunya di barengi dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Salah satu prestasi yang pernah di torehkan dalam segi akademis yakni Juara 3 Otomotif seleksi Daihatsu se-Jawa barat, Juara 1 Lomba Kecerdasan Siswa Produktif Tekhnik Komputer Jaringan se-kabupaten Majalengka, 4 tahun berturut-turut sebagai Juara 1 Lomba Kecerdasan Siswa Matematika Bisnis se-kabupaten Majalengka, Juara 1 Lomba Kecerdasan Siswa Produktif Akuntansi selama 2 tahun berturut turut se kabupaten Majalengka dan masih banyak lagi prestasi prestasi lainya.

Dalam bidang Non-akademisi, SMKN 1 Talaga pernah meraih prestasi menjadi juara umum LKBBI 2012 se-DKI Jabar dan Banten yang dilaksanakan di SMAN 1 Situraja Kab.Sumedang, Juara 1 Parfor di LKBB 2013 Se-Pulau Jawa di Unsap Sumedang.

Drs. H. Aan Hartawan, MH. berharap SMKN I Talaga lebih bisa meningkatkan prestasi yang telah diraih sebelumnya, yang tentunya, semua itu tidak terlepas dari sarana dan prasarana penunjang dan kelengkapan administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, salah satu nya yaitu dengan dibukanya Kegiatan Sertifikasi ISO 9001:2015 di SMKN 1 Talaga oleh kepala sekolah tampan pemilik kumis tipis ini,. Dimana sertifikasi ISO lahir berkat adanya kerjasama antara SMKN 1 Talaga dengan DELTA PASS. Sertifikasi ISO 9001:2015 ini merupakan sebuah standar internasional untuk sertifikasi quality management system (Sertifikasi system manajemen kualitas).

Dengan adanya sertifikasi ISO 9001:2015 diharapkan SMKN 1 Talaga lebih memiliki progress terhadap kualitas Sumber Daya sehingga kedepannya lebih dipercaya oleh masyarakat dan menghasilkan putra putri didik yang berkualitas dan mampu bersaing diera globalisasi.

Sarana yang lengkap, lanjut Aan, merupakan salah satu tolak ukur dan kebutuhan utama agar sekolah mampu mencetak dan menciptakan lulusan lulusan yang qualified dan siap pakai, Bagaimana bisa seorang anak lulusan SMK bersaing dengan ribuan lulusan SMK lainnya jika anak tersebut tidak memiliki kualitas pendidikan yang memadai, sementara dunia kerja saat ini jelas jelas sarat dengan keahlian yang bersertifikasi dan siap mengelola.

Sejauh ini, SMKN 1 Talaga terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas Pendidikan di sarana kegiatan belajar mengajarnya dengan terus berinovasi dan berkarya serta terus menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan industri dengan cara melakukan Kerja sama di bidang;

  1. Program Tekhnik Kendaraan Ringan dengan Auto 2000 dengan cara membuka program kelas binaan
  2. Program TBSM yang merangkul produsen Yamaha
  3. Program TKJ dengan Mikrotic Fiber nya
  4. Program BDP dengan membuka  kelas binaan Alfa

Juga bekerja sama dengan 23 Universitas di Thailand dalam rangka pertukaran pelajar dan guru, Itu semua kami lakukan dalam upaya peningkatan kualitas mutu lulusan sehingga siap di dunia kerja sesuai kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia industri.

SMKN 1 Talaga dibawah kepemimpinan Drs. H. Aan Hartawan, MH dan segenap jajarannya siap menerjunkan lulusan lulusan terbaiknya ke dunia kerja dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas sekaligus meningkatan mutu dan kulitas pendidikan kedepannya secara bertahap dan statis,  yang  memang kesemuanya itu merupakan.agenda utama yang menjadi prioritas kinerjanya, lanjut Mantan Kepsek SMK Muhammadiyah Sukahaji yang ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dengan adanya kucuran Dana BOS dan sumbangan dari donatur yang bersifat tidak mengikat, Sekolah pun sangat merasa terbantu, dan Alokasi sumbangan tersebut dilaksanakan sesuai dengan peruntukan yang digunakan untuk sarana penunjang sekolah seperti peralatan untuk praktikum otomotif maupun sarana lainnya yang sudah memenuhi standar, sehingga pihaknya merasa yakin dengan kualitas lulusannya. Namun mempertahankan kualitas juga bukan hal yang mudah, tapi hal tersebut akan dilakukan karena itu merupakan tugas dan amanah Kepala Sekolah beserta semua tenaga pengajar SMKN 1 Talaga mengakhiri pembicaraan. (Adrian Surya Alam)