Berita Utama Kabar Daerah

Yayasan Forum Silaturahmi Barisan Benteng Pajampangan Peduli Sosial

Pajampangan, Sinarsuryanews – Baru-baru ini Jum’at keluarga besar, Yayasan Forum Silaturahmi Barisan Benteng Pajampangan, Isep Dadang Sukmana dan jajaran mengunjungi rumah korban kebakaran yang terjadi Kamis 22/02/19 kemarin, dalam bentuk kepedulian secara  sosial dan kemanusiaan. 

Pihak korban kebakaran Ahyar dan solihin, beserta kelaurga dan jajaran pemerintah desa Banyumurni dan kecamatan Cibitung sambut baik. Terlihat senang pemilik rumah yang berukuran 10m x 6m di Kp. Empang Desa Banyumurni Kecamatan Cibitung, nampaknya terlihat tegar walaupun barang-barang berharga perhiasan dan tabungan/berupa celengan beberapa puluh tahun dikumpul ikut terbakat telah ludes dilalap api.

Kini kondisi rumah milik Ahyar dan Solihin saat ini hanya tinggal sisa puing-puing dan bekas sisa kayu yang terbakar, untung tidak ada korban jiwa, kelurga korban masih trauma saat ini secara fisik terlihat baik melain kan merasa trauma. Beruntung banyak keluarga, sahabat dan warga yang membantu secara bersama-sama simpati agar tetap semangat murung.

Pihak BPBD Kabupaten Sukabumi langsung menerima laporan tanggap darurat alhamdulillah tidak ada korban jiwa hanya saja seisi rumah dan atap rumah ludes dilalap api dalam waktu hitungan menit. Beruntungnya beberapa warga berusaha mencari pompa air yang digunakan beserta alat manual seadanya.

Menurut laporan BPBD kami terima laporan berdasarkan Koordinat Lokasi, sesuai visual korban jiwa nihil, tafsir kerugian kurang lebih100 juta rupiah, kronologi kejadian menurut saksi warga saat kejadian itu listrik tengah mati dan beberapa keterangan api diduga berasal dari tabung gas elpizi hingga menyebabkan kebakaran yang mengakibatkan 2 unit rumah terbakar 2 KK 10 Jiwa di Kp. Empang 05/01 Desa Banyumurni kecamatan, Cibitung kejadian pada pukul 18:30 WIB.

Upaya penanganan beberapa unit pemadam di perjalanan langkah  penanganan sebagai berikut: Kamis, 21 Februari 2019 Pukul 08:35 Wib. Petugas PB-BPBD Kecamatan Cibitung karena mendapat laporan melalui WA dari satpol pp Kecamatan Cibitung. Petugas PB-BPBD melakukan assessment ke lokasi koordinasi dengan bersama Kepala desa Banyumurni, POLPP Kecamatan, kepolisian,TNI.

Sementara ini pasca korban kebakaran satu hari setelah kejadian tidak luput dukungan dan para simpatisan ssecara sosial kemanusiaan telah membantu sekaligus dan menyampaikan patisipasinya bersama. Keluarga besar Yayasan Forum Silaturahmi Barisan Benteng Pajampangan, keluarga besar JAMPE, Ormas FPI, Front Pembela Islam Jampang Surade, Ormas DPC GEMPA Pajampangan dan muspika, kepala desa dan jajaran desa Banyumurni membantu kerja bakti di lokasi Jumat 22/02/2019.

Adik korban kebakaran Opik kepada wartawan saat diwawancarai Jumat, 23/02/2019 saat ini barang berharga miliknya ludes tidak tersisa hanya bisa pasrah kan dengan kuasa Allah SWT. Semoga dengan kejadian ini keluaega kami kuat menghadapi ujian.

Camat Cibitung E. Hasirin, kami akan berusaha membantu sesuai kemampuan mendorong pemdes maupun pihak dinsos terus dan dan mengajukan bantuan moril agar pihak kelaurga bisa memiliki tempat tinggal layaknya seperti sebelumnya.

“Hasil kordinasi dengan pihak keluarga selanjutnya rumah ini tetap akan dibangun setelah bahan-bahannya terkumpul, mengingat kebutuhan sangat banyak seperti matrial kayu, paku, semen, Genteng, Jabesmen, Pasir dan kebutuhan alat rumah tangga, Pakaian, anak dan dewasa juga makanan, dll,” katanya.

Pesan dan langkah BPBD saatbdihubungi Melalui pesan whatshpp kepada wartawan kami respon kepada seluruh waraga dan komunitas apalagi banyak yang peduli seperti YFSBBP, Jampang Peduli (JAMPE),Ormas FPI, GEMPA, dan pihak-pihak yang turut andil ketika ada peristiwa dan kejadian apapun, kami pun sangat membutuhkan kerja sama seperti ini, dan selalu akan berupaya dengan semua pihak pemerintah desa, banyumurni, Kecamatan cibitung, BPBD Kabupaten dalam hal ini tidak akan tinggal diam terus menghimbau berhati-hati kepada masyarakat apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat menghubungi call center (0266) 6323717.

“Salam tangguh, salam kemanusiaan dan perkembangan informasi selanjutnya akan dilakukan update secara berkala apabila terdapat laporan tambahan PETUGAS PB Kec. Cibitung,” ungkapnya. (My_Kuncir Korwil Kowasi Pajampangan)