Penerimaan Siswa Baru SMPN Gratis

Garut,  Sinar Surya – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri di Garut gratis karena sudah dialokasikan anggaran dari pemerintah untuk kegiatan tersebut.

“Kalau PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) itu gratis ada anggaran dari sekolah,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Totong kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, usai kelulusan siswa sekolah dasar, setiap SMP negeri maupun swasta di Garut sudah melakukan persiapan untuk menyelenggarakan PPDB.

Agenda tahunan pendidikan itu, kata dia, sudah ditetapkan aturan larangan  memungut biaya saat proses pendaftaran.

“Kalau melanggar, sanksinya bisa administrasi,” katanya.

Namun pungutan dana kepada orang tua siswa, kata dia, akan diberlakukan oleh sekolah setelah siswa diterima di sekolah negeri bersangkutan.

Aturannya, kata dia, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang sifatnya bantuan atau sumbangan tanpa dipatok besaran uangnya.

“Berkenaan dengan bantuan bisa diberdayakan bersama, tapi pungutannya jangan dipatok,” katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini biaya untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar idealnya sebesar Rp3 juta per siswa, sementara kemampuan pemerintah baru menganggarkan Rp1 juta.

Menurut dia, kekurangan dana pendidikan itu perlu dibantu dengan melakukan penggalangan dana sumbangan dari alumni atau dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

“Kami analisa kebutuhan kabupaten idealnya Rp3 juta untuk satu siswa, baru proses pembelajaran sudah maksimal,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan PPDB SMP Negeri di Kabupaten Garut mulai dibuka 25 Juni sampai 5 Juli 2018, dengan tahapan awal dilakukan tes masuk.

“Kami menjadwalkan penerimaan peserta didik baru tanggal 25 Juni sampai 5 Juli sesudah Lebaran, tes masuk 6 Juli,” katanya. (ant)