Banjir Tahunan Kembali Landa Desa Babakan Losarilor

Cirebon, Sinar Surya,- Hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Cirebon menyebabkan beberapa kecamatan terendam banjir. Salahsatunya di kecamatan Pabedilan sedikitnya ada dua Desa yakni Desa Babakan losarilor dan Desa Sidaresmi. Dua desa tersebut memang kerap menjadi langganan banjir setiap tahun ketika musim penghujan tiba. Namun pada tahun ini merupakan banjir terparah dibanding tahun sebelumnya dimana ketinggian air mencapai 70 sampai 100 cm selama empat hari berturut turut terus dilanda banjir.

Menurut keterangan Kuwu Babakan Losarilor Didi Sutardi, banjir kali ini selain disebabkan curah hujan yang terus menerus dengan intentitas yang tinggi, ini juga disebabkan kurang berfungsinya katup/klep yang mengatur debit air dari saluran pembuangan dari pemukiman sehingga ketika air dari sungai Cisanggarung dapat masuk ketika air sungai meluap.

Disisi lain juga ketinggian tanggul yang membentengi sungai Cisanggarung tidak mampu menampung tingginya debit air sehingga tumpah ke pemukiman warga. Dalam upaya penanggulangan semetara pemerintah Desa dibantu oleh warga membendung air yang tumpah dari tanggul dengan memasang karung sak yang di isi tanah urug.

Sementara untuk bantuan kepada warga, Pemerintah Desa memberikan 5 bungkus mie instan per KK dan ditambah lagi bantuan dari organisasi Partai Keadilan Sejatera (PKS) juga memberikan
mie instan.

Sementara  dari pihak Pemerintah Daerah kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendataan untuk pemberian bantuan berupa Paket Sembako yang akan disalurkan satu bulan kedepan. Untuk menanggulangi dan meminimalisir adanya banjir yang setiap tahun tiba Pemerintah Desa sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Provinsi untuk Pivanisasi dan gorong gorong yang nantinya dibuat sodetan ke saluran   sekunder sehingga ketika banjir air akan cepat surut tuturnya. (Kus-Alek/SS)