Tingkatkan Kualitas SDM Jurnalis, PT Lebar Media Group Adakan Pelatihan

oleh

Bandung,  sinarsuryanews.com – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam menambah wawasan penulisan berita dan pengetahuan tentang dunia digital bidang jurnalistik, PT Lebar Media Group menggelar “Pelatihan Penulisan Dasar Jurnalistik” di Workshop Taman Rahayu 3 B3 No. 7, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Kegiatan ini diikuti beberapa media, baik yang tergabung dalam Lebar Media Group maupun media lain serta unsur umum yang ingin lebih jauh mengetahui dan memahami dunia jurnalistik dan ruang lingkupnya”, ujar Direktur PT Lebar Media Group, Iwa Permana, Minggu (29/12/2019).

Iwa mengatakan, pada kegiatan kali ini, para peserta di tugaskan untuk mempraktekkan langsung cara-cara membuat karya tulis jurnalistik dengan unsur 5W H1 (What, Why, When, Who, Where dan How).

“Alhamdulillah, sesuai rencana, kegiatan ini diisi dengan narasumber yang kompeten di bidang”, ungkap Iwa yang juga Pemimpin Redaksi Lensajakarta.com ini.

Di kesempatan tersebut, salah seorang narasumber M. Sudama Dipawikarta  yang akrab disapa kang Dhipa  menyampaikan, jurnalistik adalah ilmu, teknik dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature dan artikel opini di media massa, baik media cetak, media elektronik, maupun online (diberikan).

“Pengertian jurnalistikpun punya kaitan yang erat dengan media massa, profesi kewartawanan maupun komunikasi media. Jadi secara jurnalistik adalah laporan tentang peristiwa sehari-hari yang saat ini kita kenal dengan “berita”. Dan berita ini sendiri adalah laporan peristiwa, aktual, faktual, penting dan menarik yang di publikasikan (dimuat) di media massa”, ungkapnya.

Sementara, DanSektor 8 Citarum Harum Kolonel Inf. Belyuni menambahkan, bahwa pentingnya peran masyarakat untuk bersama-sama mengatasi persoalan sungai Citarum agar terjaga kebersihannya.

“Saya berharap, dengan menjaga untuk tidak membuang sampah ke sungai juga limbah-limbah pabrik agar tidak dibuang kesungai untuk menjadi perhatian”, ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa sejak 2014 sampai 2019 banjir sudah tidak seperti dulu lagi artinya sudah banyak kemajuan dan perkembangan.

“Yang terpenting, sinergitas semua stakeholder dapat terus ditingkatkan. Dan saya juga menghimbau, kepada siapapun, baik wartawan maupun warga yang jelas-jelas dan memiliki bukti serta fakta dengan jelas menemukan adanya pembuangan limbah ke DAS Citarum dari pabrik-pabrik sekitar, tolong laporkan kepada kami, kami akan menindaklanjuti sesuai prosedur”, tandasnya.

Selain itu katanya, peran serta para pekerja media juga tidak kalah  pentingnya. Wartawan juga sangat di perlukan untuk mempublikasi berita-berita maupun artikel tentang Sungai Citarum agar menjadi Harum.

Ditempat yang sama, Manager IT Lebar Media Group, Ilah memberikan wawasan mengenai bagaimana lompatan teknologi informasi yang begitu cepat, termasuk juga di bidang jurnalistik.

“Saat ini, wartawan harus benar-benar dapat mengikuti dan mengembangkan wawasan serta menguasai bidang IT. Ini harus dibekali dan perlu dilakukan agar SDM Jurnalistik tidak ketinggalan informasi”, ucapnya. (WN)