Kabar Daerah279 Dilihat

PULUHAN WARGA TERLIBAT DALAM PROYEK UPLAND .

subang, SinarSuryaNews.Com, – Pemerintah melalui kèmentrian pertanian mengucurkan anggaran pŕoyek upland kepada para kelompok tani ( poktan ) dan gabungan kelempok tani ( gapoktan ) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di pedesaan juga untuk memperluas usaha tani di bidàng perkebunan budidaya manggis .

Desa cikadu kecamatan cijambe merupakan salah satu desa yang mendapatkan program upland dari kementrian pertanian. Desa cikadu sendiri ada 3 tiga kelompok tani yang mendapat bantuan prigràm upland , poktàn kàmpung cisalak poktan kampung cidadap dàn gàpoktan desa cikadu.
Untuk mencari impormasi lebih jelas awak media mendatàngi ketua gapoktan desa cikadu pa rw ita di lokasi proyek pipanisasi ďi area leuweung dayeh . Ita menjelaskàn , pelaksanaan proyek upland disini telah berlàngsung 25 hari saat kami mengerjakan pemasangan pipanisasi sepanjàng (1530 m) seribu limaratus tigapuluh meter , dengan jumlah tenaga kerja sejumlah 20 orang setiap harinya dengan anggaran rp 240 jt jelasnya , selanjut ita menambahkan saya selàku ketua gapoktan sangat berteimakasi kepada pemerintah yang telàh mengucurkan anggaran utuk program upland ini masyrakat yang tegabung di leweung dayeh ini sangat terbantu apalagi di masa pandemi kovid 19 sulit mendapat kàn pekerjaan alhamdulilah kami bisa bekerja bisa menambah penghasilan ucapnya .


Sementara ketua poktan kàmpung cidadap iyan yang meràngkap kepala dusun desa cikadu ketika di temui di lokasil proyek jalan upland menjelaskan ,, saat ini kàmi sedang melaksanakan pengecoran jalan cigobàng sebèlumnya kami melasanakan pengerasan mengunakan batu belah 30 cm dan alhamdulilah saat ini bisa melaksanakan pengecoran sepanjang 650 m lebar 2 meter menggunakan molen dengan 20 tenaga kerja setiap harinya imbuhnya .

Iyan menambahkan faktor cuaca sering turum hujan menjaďi kendala di lapangan kadang baru setengah hari udah turun hujan . Awalnya saya ga menyangka program ini bisa terlaksana karna udah beberapa tàhun perencanaan nya . Saya berharap pŕogram ini bisa meningkaykàn èkomomi masyarakat desa cikadu dan desa desa lain yang mendapatkàn progràm yàng sama di kabupaten subang. pungkasnya.

handi w.