Limbah B3 Pabrik Kertas PERURI Security Paper Mill Padalarang Cemari Lingkungan, Siapa Berani Menindak Serta Dimana Fungsi Pentahelix ?

Berita Utama982 Dilihat

Kab Bandung Barat, SinarSuryaNews.Com – Pabrik kertas pertama di Indonesia yang berdiri 22 Mei 1922 oleh Pemerintahan Hindia Belanda, dan sekarang genap 1 abad (100 Tahun) yang berlokasi di Jl. Cihaliwung No.181, Kertamulya, Kec. Padalarang, dengan lokasi strategis dekat dengan sumber mata air pegunungan (gunung burangrang) agar produksinya bisa berjalan dengan lancar, karena membutuhkan debit air yang konstan sesuai dengan kebutuhan produksi, Selasa (19/07).

Sangat di sayangkan pabrik kertas sebesar Peruri Security Paper Mill anak perusahaan BUMN yang menerbitkan produk kertas penting kebutuhan Negara. Diduga tidak ramah lingkungan, fakta di lapangan yaitu disaluran pembuangan masih tampak jelas limbah cair dan bubur kertas bebas meluncur tanpa ada halangan, diduga kuat limbah B3 tersebut tidak dikelola dengan baik oleh pihak pabrik kertas yang terkenal dan legendari.

Abdul Rohman petugas lapangan pada saat dikonfirmasi, dia mengatakan “Kami adalah karyawan pabrik, yang selalu membersihkan saluran pembuangan, termasuk mengangkat bubur lumpur yang terbuang, dimana lumpur tersebut akan kami bawa lagi kedalam, atasan saya adalah pak wahyu taufik dan untuk air yang ada disawah itu adalah permintaan dari warga, karena butuh air untuk pertanian, maklum kami hanya pekerja”.

Junico staff operator litbang Security Paper Mill menjelaskan, “kita olah limbah kertas dengan baik, dan hasil di outpal juga bening terlapor sejak hari ini pukul 09:00 wib atau jam 15:00 wib, kita laporkan dua kali dalam sehari, dan saya tau Citarum harum sejak 1 tahun ini, saya di bawah pak wahyu sebagai kepala divisi litbang atau tepatnya manager bila pada perusahaan lain, “ucapnya.

Dirinya (junico) kaget saat di perlihatkan bukti di lapangan yang berbanding terbalik, dan memang betul, orang yang ada di outpal itu rekan saya dibagian staff, mereka sedang melakukan pembersihan limbah cair bubur kertas yang di duga tak tertampung atau overload sehingga banyak valid ke sawah dan terdampar pada selokan juga lingkungan sekitarnya. Justru saya tidak tau ada saluran kita kesawah.

“Saya minta waktu untuk diskusi pada pimpinan terkait temuan ini, karena memang setau saya pabrik kita bening, saya minta botol sample limbahnya untuk di laporkan pada pimpinan, betul ini memang limbah bubur kertas kami, “jelas junico.

Pabrik Kertas PERURI SECURITY PAPER MILL perusahaan BUMN ini sangat tidak ramah lingkungan, mereka memenuhi kebutuhan kertas security dokumen-dokumen Negara seperti; Kertas Pita Cukai, Buku Tanah, Ijazah, Kartu Pos, Wesel, KTP, Kartu Keluarga Akta Lahir, SKCK, Giro Bilyet dll. Dalam memberikan rasa aman dan menghindari dari dokumen pemalsuan dengan memberikan fitur keamanan (Watermark) serta serat-serat khusus pengamanan kimia lainnya. WN**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *