Securty CV. Sungai Indah Halangi Tugas Jurnalis Ketika Hendak Konfirmasi, Dengan Alasan Tidak Ada Boss, Ada Apa Antara Pabrik Dan Satgas Citarum

Berita Utama322 Dilihat

Kab. Bandung, SinarSuryaNews.Com,- Sangat disayangkan dan terjadi kembali Pelecehan Terhadap Profesi hal itu dilakukan beberapa Orang Security (Satpam) CV. Sungai Indah dengan arogannya Diduga menghambat dan menghalangi Tugas serta fungsional dari Profesi Jurnalistik di Jl. Raya Laswi No.124, Padamulya, Kecamatan Majalaya, Selasa (29/03).

Ketika itu awak media hendak konfirmasi tentang limbah yang berkaitan dengan program Citarum harum, sehingga pada saat itu diminta agar bisa dipertemukan dengan pihak penanggung jawab dari CV. Sungai Indah, satpam menolak dan tidak memperbolehkan masuk dengan alasan sesuai aturan dan kebijakan perusahaan.

Yayan dan moelyana selaku satpam mengatakan “Yang bapak cari sedang tidak ada, bapak tunggu diluar aja, jangan masuk dulu itu aturan kita”


Tidak berhenti sampai disitu Satpam juga sempat meminta KTA diluar kawasan pabrik untuk dilihat, namun tanpa ijin para wartawan KTA tersebut dibawa masuk kedalam pabrik tanpa pengawasan pemilik KTA Wartawan tersebut.

“Coba sini lihat KTA nya, (Sambil dibawa masuk kedalam pabrik), Ini untuk data laporan” Ujar Moelyana Satpam.

Diduga satpam tersebut sengaja menyita KTA wartawan yang jelas berada diluar kawasan pabrik dan dibawa kedalam pabrik untuk sebuah dokumen atau data laporan, sehingga salah satu awak media keberatan dan melakukan protes dan coba menerobos gerbang untuk meminta KTA nya agar dikembalikan, karena ini diluar pabrik, tetapi Satpam mendorong dan menghalagi, sehingga terjadi saling dorong – mendorong.

Dikarenakan tidak ada solusi atau akan dipertemukan dengan penanggung jawab pabrik, sehingga para awak media coba menjalin komunikasi dengan Komandan Sektor 4/Majalaya Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS, dia mengatakan datang saja ke posko, ditunggu. Ketika dalam perjalanan menuju posko, beberapa anggota satgas sudah datang ke pabrik CV. Sungai Indah, sehingga team dari awak media memutuskan kembali ke lokasi pabrik, tetapi sangat disayangkan salah satu anggota Satgas bernama Vicky diduga adalah Dansub Sektor 4 Citarum Harum menghadang wartawan yang akan masuk ke lokasi Pabrik “Anda tunggu diluar saja, saya disini atas perintah Dansektor 4 Citarum Harum” ungkapnya.

Karena ada larangan masuk ke pabrik dari Satgas, sehingga Vicky ditanyakan oleh awak media ” Anda Perintahkan apa oleh Dansektor 4 Citarum Harum ? Apakah untuk menghadang kami, Kita disini mitra, kenapa anda menghalangi kami? kenapa kami tidak boleh masuk untuk konfirmasi dan permasalahan ini akan kami bawa ke Kodam karena menghalangi tugas wartawan” tukas Wattanasin Navretta, Wartawan Sinarsuryanews sehingga vicky mengatakan “slow, santai boss, silahkan saja bawa ke Kodam, saya siap dan saya tunggu”.

Setelah dilerai oleh beberapa personel satgas Citarum Sektor 4, akhirnya para awak media dan Satgas Citarum Harum Sektor 4 membubarkan diri dari pabrik dan mengarah ke posko untuk konfirmasi meminta tanggapan Dan sektor 4 Majalaya.

Komandan Sektor 4/Majalaya Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS, ketika dikofirmasi, mengatakan “Saya akan fasilitasi untuk bertemu dengan pihak pabrik secepatnya, saya sedang sibuk dan banyak giat juga di posko”. Tetapi sangat disayangkan sampai berita ini diturunkan, belum ada pertemuan dengan pihak pabrik meminta tanggapan tentang pengelolaan limbah B3 termasuk lumpur Sludge yang diduga tidak dikelola dengan baik. Red**