Limbah Kotor Berwarna Yang Diduga Kuat Milik PT. DewaSutratex Bebas Meluncur Di Sungai Cibaligo

Berita Utama25 Dilihat

Cimahi, SinarSuryaNews.Com – Pencemaran sungai kembali terjadi lagi, hal itu diduga dilakukan oleh pabrik textile raksasa PT. DewaSutratex yang berlokasi di Jl. Cigugur Tengah No.76, Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah.

Limbah cair yang tertangkap camera saat rabu malam 08/03/23 pukul 22:41 Wib yang sempat terbuang ke sungai dengan warna coklat keruh. Saat di dilakukan croscek dihulu sungai Cibaligo yaitu di antara PT. Hegar Mulya dan Rumah Sakit MAL air nya jernih, tidak cukup sampai disitu, team dari media ini juga sempat melihat bak pengelolaan Limbah dari PT. DewaSutratex dari atas basecam, warna sama dengan yang ditemukan disungai, yaitu hilir dari pembuangan pabrik textile tersebut berwarna coklat.


Saat di konfirmasi langsung, pihak pabrik Dewasutratex Achmad yang juga di bagian lingkungan yang didampingi oleh Panji bagian HRD perwakilan dari management pabrik mengiyakan bahwa limbah yang tersebut identik dengan fisika dan kimia milik PT. DewaSutratex.

“Yah, sesuai dengan warna tersebut, memang identik sama secara kimia dan fisika milik kami, memang limbah cair kita seperti itu. Namun kita akan lakukan monitoring dan nanti kita periksa secara masif, kita akan panggil nanti dari orang ipalnya, karena memang ipal kita juga di awasi CCTV.


Saya, berterima kasih sekali atas infonya ini. Rekan-rekan sudah bantu untuk informasinya dan akan kita lanjuti segera, namun saya memberitahukan kepada pimpinan saya, yaitu Rahmat Sentosa, biar dari pimpinan saya bisa memberitahukan pimpinan juga (owner) agar segera di perbaiki dan tindak lanjuti secepat mungkin, “ucap Achmad.(9/3/23)

Achmad juga mengirimkan jawaban resmi dari PT. DewaSutratex yaitu ;

1. Sample air yg disampaikan itu bukan dari Outlet IPAL PT. Dewa Sutratex.
2. Titik penaatan Outlet PT. Dewa Sutratex di Monitoring CCTV 24 Jam (foto terlampir)_
3. Dalam pantauan CCTV Outlet IPAL 8/03/2023 pada jam 22.21 WIB terlihat Outlet mengalir bersih dan terpantau sinar dari senter yg mengarah ke Outlet tersebut (terlampir rekaman CCTV)
Tapi sangat disayangkan rekaman CCTV waktunya sudah diatas jam 22, sementara temuan dilapangan ada di jam 21 41 WIB.

Pelaku industri Seakan tidak pernah jera, didepan pabrik, jelas memampangkan mendukung program Citarum harum, tetapi di belakang, sangat jelas terihat limbah kotor berwarna-warni nya digelontorkan ke sungai ( Diduga seperti yang dilakukan oknum pelaku industri PT. DewaSutratex..? ) Program Citarum harum sudah berjalan hampir 5 tahun, dengan adanya pabrik nakal yang kerap membuang limbah kotornya, apakah akan ada sangsi tegas yang akan diberikan oleh aparat penegak hukum ( KLHK, DLH KOTA CIMAHI, SATGAS CITARUM HARUM) atau itu hanya hisapan jempol saja.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *