Membangun Rumah Daya dan PLTS di Perbatasan Papua: Inisiatif Satgas Yonif 310/KK

Berita113 Dilihat

KEEROM, SINARSURYANEWS.COM — Di wilayah perbatasan Keerom, Papua, Satuan Tugas Yonif 310/KK telah memberikan bantuan kepada masyarakat dengan membangun Rumah Daya dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Puskesmas Kampung Towe Hitam pada Jumat (18/08/2023).

PLTS merupakan sistem pembangkit listrik yang menggunakan radiasi matahari melalui konversi sel fotovoltaik, mengubah foton matahari menjadi energi listrik yang ramah lingkungan. Energi listrik ini berguna untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti peralatan elektronik.

Distrik Towe, wilayah pedalaman Papua di perbatasan RI-PNG, mengalami kekurangan fasilitas, termasuk listrik. Inisiatif Satgas Pamtas Yonif 310/KK untuk membangun Rumah Daya dan PLTS di Puskesmas Towe bertujuan membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari Satgas dalam menjawab permasalahan di perbatasan.

Komandan Satgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Andrik Fachrizal, menekankan pentingnya untuk selalu memahami kondisi warga perbatasan dan menjadi solusi bagi mereka. Letda Inf Andri Budi, Danpos Towe Hitam, yang memimpin pembangunan, menjelaskan bahwa Rumah Daya dan PLTS di Puskesmas Towe akan memfasilitasi layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Dengan melibatkan 10 personel Satgas dan teknisi, proyek ini berhasil diselesaikan dalam 4 hari.

Alpius Wakur, Kepala Puskesmas Towe, mengapresiasi langkah pembangunan ini karena dapat membantu dalam penanganan medis dan bidang kesehatan. Dia juga berharap untuk adanya kerja sama yang lebih erat di masa depan antara pihak Puskesmas dan Pos Satgas Yonif 310/KK dalam memberikan pelayanan medis kepada warga Towe Hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *