Pentingnya Edukasi di Daerah Terpencil: Yonif 310/KK Ajarkan Membaca, Berhitung, dan Kesehatan

Pendidikan139 Dilihat

PEGUNUNGAN BINTANG, SINARSURYANEWS.COM — Satuan Tugas Yonif 310/KK telah mengambil langkah untuk turut serta meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak-anak pedalaman Papua. Pada Sabtu, tanggal 19 Agustus 2023, mereka melibatkan diri dalam upaya mengajarkan keterampilan membaca, berhitung, dan pola hidup sehat kepada para anak di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Situasi pendidikan yang berbeda jauh dari daerah perbatasan dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya mendorong Satgas Yonif 310/KK untuk berkontribusi dalam mencerdaskan generasi muda. Terutama di Kampung Batom, terdapat anak-anak yang belum mampu membaca dan berhitung.

Dansatgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Andrik Fachrizal, mengungkapkan keprihatinannya mengenai kondisi pendidikan di perbatasan. Menurutnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di wilayah ini dimulai dari pendidikan yang berkualitas. Menurut Dansatgas, jika pendidikan berkualitas, Sumber Daya Manusia juga akan berkualitas.

Letda Inf Eko Effendi, yang merupakan posisi terdepan di Kampung Batom, menjelaskan bahwa distrik ini hanya memiliki satu Sekolah Dasar (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan jumlah guru yang terbatas. Karena keterbatasan ini, kualitas pendidikan tidak mencapai potensi maksimal.

Upaya yang dilakukan oleh Satgas melibatkan pengajaran membaca dan berhitung serta mengedukasi tentang perilaku hidup sehat, termasuk teknik mencuci tangan yang benar. Hal ini bertujuan untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi perkembangan anak-anak di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *