Belasan Rumah Warga Desa Cibalandong Jaya Terkena Material Longsor

Subang, SinarSuryaNews.Com – Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur di kabupaten Subang, belasan Rumah Warga Rt10/04 Desa Cibalandong Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang mengalami kerusakan sangat memprihatinkan usai diterjang material longsor, dampak kerusakan yang paling parah dirumahnya Matuminah gumpalan tanah longsor masuk kerumahnya dan menghancurkan sebagian rumahnya dan warga lainnya retak tak tersambung bahkan ada salah satu warga yang rumahnya Amblas.
Senen (4/3/2024).

Adapun kronologisnya pada Sabtu malam hujan lebat disertai petir di saat tertidur, Matuminah dikagetkan dengan guruhnya tanah longsor menimpa rumahnya untungnya Matuminah sempat keluar rumah untuk menyelamatkan diri, dan semua warga yang terdampak terpaksa mengungsi di tempat tempat yang aman dan ada juga yang mengungsi di sanak saudaranya karena dikhawatirkan akan terjadi lagi longsor susulan karena hujan terus mengguyur wilayah nya di sore hari.

Matuminah seorang janda lanjut usia yang rumah nya Ancur berharap kepada PJ bupati Subang dan stakeholder lain nya cepat merealisasikan Tempat tinggal nya. Karena sampai hari ini “pemerintah belum ada realisasi sudah hampir dua Minggu alat berat pun sesuai yang dijanjikan pihak BPBD belum diturunkan kapan datangnya,” harapnya.

Lanjutnya Matuminah yang saat diwawancara wartawan bersama warga lain yang terdampak longsor. mengungkapkan keinginan nya agar pemerintah Kabupaten Subang cepat tanggap bukan hanya melihat kondisinya saja tapi merealisasi maupun mengevakuasi tanah longsor yang menimbun rumahnya, bantuan dari BPBD berupa Bronjong dan terpal sudah diterima di Desa dan bantuan logistik dari Dinsos yang jauh kata cukup, tapi kami butuh sesegera mungkin ini tanah longsor di beresin kami takut longsor susulan akan menambah petaka karena hujan lebat hampir setiap hari. Karena ga mungkin hanya mengandalkan masyarakat karena harus pakai alat berat untuk menyingkirkan tanah tersebut. tandasnya.

Taem Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang datang berserta Camat Cibogo, didampingi TNI Polri dan Aparat Desa. meninjau langsung ke lokasi Rumah terdampak longsor, menurut impormasi alat berat Excavator Kecil telah diturunkan semalam dan pekerjaan nya dimulai di kampung Jati Hurip dulu karena sama Material longsor diserai batu bukit menghalangi aset lingkungan dan sebagian menimpa kena dampak mateialnya.

Menurut Kades Cibalandong Lili Maulana musibah terjadi usai wilayah itu dilanda hujan deras, pada Sabtu malam sudah dua Minggu yang lalu dan sudah ada taem BPBD,Camat dan stakeholder lain nya, memberikan bantuan Exsavator dan PUPR bantuan Bronjong berikut juga Dinsos Logistiknya tapi Alhamdulillah Excavator kecil semalam sudah datang dan sekarang sedang membersihkan tanah longsor di Kampung Jatihurip insa Allah besok ke Rumah nya Matuminah. Tuturnya.

Kami berharap kepada pemerintahan kabupaten Subang untuk bisa membantu secepatnya karena ini sudah hampir dua pekan masyarakat kami yang terdampak musibah tanah longsor, karena kami khawatir dimusim penghujan ini, tanah lebih dan mudah longsor yang akan mengakibatkan banyak nya korban rumah tertimbun longsor bahkan ada kemungkinan rumah amblas karena TPT yang ada juga Ancur terbawa tanah longsor. “Harapnya.(Akim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *